Ummahat

TIPS MENJADI WANITA PRODUKTIF #2

Ummahat

Meneruskan artikel terdahulu tentang Tips Menjadi Wanita Produktif #1, berikut ini adalah tips-tips lanjutan untuk menjadi wanita yang produktif :

4. Terus Menambah Wawasan, Pergaulan dan Kreativitas
Agar senantiasa produktif, tentu saja produktivitas harus dijaga. Dan di antara “bahan bakar” yang dapat menjaga produktivitas, adalah dengan terus menambah wawasan, memperluas pergaulan dan meningkatkan kreativitas. Wawasan bermanfaat untuk memperkaya ilmu pengetahuan kita, pergaulan dapat membantu kita memperluas relasi, jaringan, memperoleh ide dan peluang baru serta menambah silaturahim. Dan kreativitas pula akan membuat hasil karya kita terus mengalami pembaharuan, tidak stagnan dan monoton. Yang terakhir ini sangat penting jika produktivitas sahabat terkait dengan profesi. Misalnya saja sahabat adalah seorang desainer web. Maka kreativitas adalah amunisi penting untuk sahabat mengembangkan desain-desain baru yang tentu saja akan berpeluang menarik lebih banyak calon customer.

5. Mengurangi Kegiatan yang Kurang Bermanfaat
Mengambil waktu sejenak untuk refreshing sangat diperlukan. Tetapi jangan sampai terlena hingga waktu lebih banyak terpakai untuk hal-hal yang awalnya hanya diniatkan untuk refreshing. Contohnya saja, berlama-lama chatting di media sosial, cuci mata di mal hingga berjam-jam, dan sebagainya. Selain dapat mengurangi tingkat produktivitas, refreshing yang berlebihan juga dapat menguras energi yang seharusnya dapat digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

6. Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikis
Kesehatan adalah modal penting untuk mendukung produktivitas. Maka perlu tetap dijaga baik itu kesehatan fisik maupun psikis. Menjaga kesehatan fisik dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat dan olahraga yang cukup, serta menjauhi hal-hal yang dapat merugikan kesehatan. Sementara untuk menjaga kesehatan psikis, cara terbaik adalah dengan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan melakukan amalan yang dicintaiNya, seperti sholat malam, berzikir, mengaji, mengikuti majelis ta’lim, bersedekah dan sebagainya.

Demikianlah tips sederhana agar menjadi seorang wanita yang produktif. Semoga tips ini bermanfaat dan mari kita isi waktu kita dengan produktivitas yang positif.

Penulis:
Riawani Elyta
Penulis nonfiksi Sayap-sayap Sakinah, Sayap-sayap Mawaddah dan 14 novel.
Saat ini juga aktif sebagai kontributor media online, mentor kelas menulis online dan admin di komunitas Be A Writer.
FB : Riawani Elyta
Twitter : @RiawaniElyta
Blog : www.riawanielyta.com
IG : riawani_elyta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>