orang tua

TIPS MENJADI WANITA PRODUKTIF #1

Ummahat

Wanita adalah makhluk Tuhan yang dibekali dengan kemampuan multitasking. Namun demikian, kemampuan yang tidak diiringi dengan manajemen waktu dan tenaga yang baik, bisa mengakibatkan kelelahan, pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik, dan terkadang juga berefek pada psikis dan emosional.

Sahabat Sakinah barangkali pernah bertemu dengan wanita yang seolah-olah tak pernah kehabisan energi. Berbagai peran baik internal maupun eksternal dapat dilakoninya dengan optimal. Rumah tangga terurus, anak-anak terpelihara, kontribusi pada masyarakat pun tak kurang aktifnya. Atau dengan kata lain, sosoknya layak disebut sebagai wanita yang produktif.

Inginkah sahabat menjadi seorang wanita yang produktif ? Berikut diantara tips-tips yang dapat sahabat lakukan :

1. Buat Jadwal Rutinitas Harian
Meskipun aktivitas sehari-hari hanya berkutat seputar hal-hal yang sama, membuat jadwal harian dapat membantu sahabat untuk mengatur waktu dengan lebih efektif. Sahabat dapat melakukannya secara sederhana dengan kertas dan pena, lalu catatlah tugas-tugas dan aktivitas apa yang biasanya sahabat lakukan mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Catat juga berapa banyak waktu yang sahabat perlukan untuk masing-masing tugas dan aktivitas. Sahabat mungkin akan terkejut bahwa ternyata masih ada celah waktu yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas tambahan yang bermanfaat ataupun sejenak memanjakan tubuh dengan melakukan perawatan atau beristirahat.

2. Biasakan Melakukan Perencanaan
Terkadang, kita merasa tidak perlu berpikir panjang sebelum melakukan sesuatu yang sudah menjadi “santapan” harian kita. Padahal, hanya dengan menyisihkan sedikit waktu untuk menyiapkan rencana sebelum memulai, pekerjaan kita insya Allah akan selesai dengan lebih baik. Contohnya saja ketika sahabat berencana akan ke pasar untuk membeli keperluan dapur. Sesampai di pasar sahabat lalu membeli semua kebutuhan yang memang biasanya dibeli, namun saat pulang ke rumah, sahabat baru menyadari bahwa ternyata ada beberapa bahan penting yang belum dibeli ataupun sebaliknya, bahan-bahan yang sahabat beli ternyata stoknya menumpuk di rumah. Akibatnya, sahabat harus kembali ke pasar untuk membeli bahan yang tidak ada.
Andai saja sahabat mau meluangkan waktu untuk merencanakan apa yang akan dibeli, tentu lebih banyak waktu dan energi yang bisa dihemat, bukan?

3. Lakukan Aktivitas Sesuai Passion
Produktivitas biasanya berbanding lurus dengan motivasi. Semakin tinggi motivasi maka akan semakin besar pula produktivitasnya. Dan salah satu motivasi terbesar adalah melakukan aktivitas sesuai passion. Oleh sebab itu, selain melakukan tugas-tugas wajib sebagai seorang ibu, tak ada salahnya sahabat melakukan aktivitas tambahan sesuai passion. Seperti menjahit, berkebun, melakukan kegiatan amal, menulis, dan sebagainya. Aktivitas berdasarkan passion ini biasanya akan dilakukan dengan senang hati dan dengan sendirinya akan mendorong pelakunya menajdi seorang yang giat dan produktif.

(Bersambung ke Tips Menjadi Wanita Produktif #2)

Penulis :
Riawani Elyta
Penulis nonfiksi Sayap-sayap Sakinah, Sayap-sayap Mawaddah dan 14 novel.
Saat ini juga aktif sebagai kontributor media online, mentor kelas menulis online dan admin di komunitas Be A Writer.
FB : Riawani Elyta
Twitter : @RiawaniElyta
Blog : www.riawanielyta.com
IG : riawani_elyta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>