11_Islamic_Illustration_11_watermark

Tahun Baru Hijriah, Momentum Untuk Berubah!

11_Islamic_Illustration_11_watermark

Tahun Baru Hijriah telah datang. Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1437!

Inilah saatnya kita memanfaatkan momentum ini untuk melakukan perubahan. Karena tahun baru menjanjikan harapan baru, sekaligus menjadi pengingat, bahwa waktu yang telah berlalu tak akan terulang lagi. Jadi, alangkah baiknya jika kita mempersiapkan diri untuk menjadi lebih baik daripada hari yang kemarin.
Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjadikan momentum tahun baru Hijriah sebagai titik perubahan:

1. Introspeksi
Introspeksi dalam konteks ini artinya melihat, mempertimbangkan dan merenungkan perbuatan kita di masa lampau. Diharapkan, melalui introspeksi ini kita dapat bercermin pada kekhilafan-kekhilafan di masa lalu dan berjanji untuk memperbaikinya. Dengan introspeksi kita juga dapat melihat hal-hal yang memerlukan peningkatan dalam diri kita di masa yang akan datang.
Tekait introspeksi ini, Allah swt berfirman:
“Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memerhatikan apa yang telah diperbuat untuk hari esok; dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr: 18)

2. Melakukan Perencanaan
Ada baiknya kita menyiapkan rencana-rencana untuk mengisi sebagian besar waktu pada tahun baru ini dengan lebih baik dan bemakna. Perencanaan kita buat berdasarkan hasil introspeksi. Misalnya saja, tahun lalu kita selalu gagal menyisihkan uang belanja untuk ditabung, maka tahun ini, kita bisa memasukkannya dalam daftar rencana, yaitu berusaha semaksimal mungkin agar bisa menabung dari sisa uang belanja.

3. Memasang Target Baru
Tidak perlu memasang target yang terlalu muluk. Karena istiqomah pada hal yang kecil lebih disukai Allah daripada melakukan sesuatu yang positif secara menggebu-gebu pada awalnya, namun kemudian surut bahkan berhenti. Contohnya saja, tahun ini sahabat menargetkan untuk menambah jumlah tilawah, maka konsistenlah dengan target ini dan tingkatkan secara perlahan-lahan.

4. Berdoa Kepada Allah
Memohon terkabulnya doa tak hanya dilakukan di akhir perbuatan, namun lakukanlah bahkan saat sebelum kita memulai. Pintakanlah kepadaNya agar semua yang kita lakukan pada tahun ini demi meraih ridhoNya memperoleh berkah, kemudahan dan kebaikan bagi diri kita dan orang-orang di sekitar kita.

5. Jalani Dengan Tenang
Mengajak diri menuju perubahan tak perlu dilakukan dengan grasa-grusu. Tetaplah tenang dan nikmati prosesnya dengan rasa syukur dan tekad untuk terus belajar. Seandainya ada target yang belum tercapai, jangan langsung putus asa dan kecewa, tetapi kembalilah ke poin awal yaitu melakukan introspeksi dan merencanakan kiat-kiat baru agar pada masa yang akan datang, target tersebut berhasil kita capai bahkan berhasil pula kita lampaui.

Demikian beberapa kiat yang dapat sahabat lakukan untuk memaknai momentum Tahun baru Hijriah ini. Semoga tahun ini kita menjadi hamba yang lebih baik dan senantiasa berada di bawah tuntunan dan lindungan Allah swt.

Penulis :
Riawani Elyta
Penulis 14 novel, non fiksi Sayap-sayap Sakinah dan Sayap-sayap Mawaddah.
Admin komunitas Be A Writer Community
Mentor kelas private novel Smart Writer.

FB : Riawani Elyta
twitter : @RiawaniElyta
blog : www.riawanielyta. com
IG : riawani_elyta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>