muhasabah

SEBUAH RENUNGAN DI ZAMAN PENUH FITNAH

muhasabah“Cukuplah seseorang disebut pendusta bila ia menyampaikan seluruh apa yang ia dengar.” (HR. Muslim).

Imam Malik menjelaskan pengertian hadist tersebut dengan penjelasan sebagai berikut: ”Ketahuilah, sesungguhnya seseorang tidak akan selamat jika dia menceritakan setiap yang didengarnya. Dan dia tidak layak menjadi seorang imam, sedangkan dia selalu menceritakan setiap yang didengarnya.”

Terkadang kita sering bersikap sok tahu, menceritakan segala yang kita dengar, padahal informasi itu masih sepotong-sepotong. Seringkali kita juga ‘ember’ menceritakan info tersebut, padahal saatnya tidak tepat, orang yang kita beri tahu juga tidak tepat.

Contohnya begini: suatu hari, kita mendengar dokter mengatakan, bahwa harapan hidup si A tinggal 50%. Kemudian, kita dengan bangga mengatakan pada si A, “Hei, tadi dokter bilang, harapan hidup kamu itu tinggal 50% lho!”

Atau contoh lain. Kita mendengar bos kita mengeluhkan pekerjaan si B kepada manajer si B. Tanpa ba-bi-bu, kita mendatangi si B dan berkata, “Tuh, bosmu komplain kepadamu. Kamu dibilang bla-bla-bla.”

Tak selalu yang kita dengar itu sebuah kebaikan. Kalaupun sebuah kebaikan, juga belum tentu baik untuk orang lain.

Hadist tersebut sebenarnya juga berlaku untuk socmed. Tak semua status atau broadcasting yang kita temui bisa kita share ke teman-teman tanpa terlebih dahulu memprosesnya. Apakah sekiranya status itu benar atau salah. Kalaupun benar, apakah ada manfaatnya. Kalau ada manfaatnya, kira-kira sudah tepat atau belum waktunya untuk kita share saat ini.

Sekadar mengatakan semua yg diketahui saja bisa masuk pendusta. Apalagi yang ditambah-tambahi dg prasangka. Hati-hati, jangan sampai kita disebut sebagai si pendusta, hanya karena kita selalu mengatakan apa yang kita dengar.

Ditulis oleh: Afifah Afra a.k.a Yeni Mulati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>