ibu-hamil

Saat Hamil Bolehkah Ikut Berpuasa

Saat bulan puasa tiba, terkadang memunculkan rasa dilema tersendiri bagi para wanita yang sedang mengandung. Haruskah ikut berpuasa atau tidak, kekhawatiran akan kondisi janin-nya jika diajak berpuasa dan keinginan menjalani puasa dengan segala kondisi yang ada. Sehingga memunculkan pertanyaan bolehkah wanita yang sedang hamil berpuasa?

ibu-hamil

sumber gambar dari sini

Menurut Dr. Bambang Suyono, SpOG melakukan ibadah puasa meski sedang hamil sebenarnya tidak akan memengaruhi kondisi kesehatan bayi yang dalam kandungan, perubahan pola makan si ibu tidak akan membuat bayi Anda kekurangan persediaan gizi dan makanan. Mengapa? Karena bayi di kandungan mendapatkan asupan makanannya dari plasenta melalui aliran darah. Jadi meski pola makan Anda berubah, asalkan Anda tetap mengonsumsi makanan sehat yang dibutuhkan selama kehamilan ini, maka bayi di kandungan akan tetap mendapatkan kecukupan zat gizi dan mineral penting untuk pertumbuhannya. Meski demikian, Dr. Bambang mengingatkan para ibu yang sedang hamil tidak memaksakan diri berpuasa jika kondisi kehamilannya kurang sehat. Puasa memang tidak akan secara langsung mempengaruhi kondisi janin, tapi justru kondisi si ibu sendiri, apakah dia sehat dalam menjalankan ibadah puasa atau tidak.

Hal ini senada dengan paparan Syekh Ibn Baz, rahimahullah berkata,”Wanita hamil dan menyusui, hukumnya seperti orang sakit. Jika berat bagi mereka berpuasa, maka dibolehkan bagi mereka berbuka. Dan mereka harus mengqadha (menggantinya) ketika dirinya sudah mampu berpuasa, seperti orang sakit. Sebagian ulama berpendapat, cukup bagi keduanya memberi makan (satu orang miskin untuk setiap satu hari tidak berpuasa). Ini merupakan pendapat lemah yang tidak dikuatkan. Yang benar adalah dia harus mengqadha, seperti musafir atau orang sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>