karangan-bunga1

Rasa Sakinah

Dalam hidup berumahtangga dengan sendirinya akan terpola hak dan kewajiban suami istri, meski setiap rumah tangga akan memiliki pola dengan khasnya tersendiri.  Suami akan sibuk dengan segudang aktifitasnya di kantor yang membuatnya pulang larut malam atau sampai berhari-hari tidak pulang dan sang istri sibuk dengan rutinitas pekerjaan rumah serta anak-anak, membuatnya kelelahan dan mengantuk di sore hari padahal masih harus menunggu sang suami pulang.Terkadang kesibukan-kesibukan ini membuat komunikasi suami istri akan datar saja dan cenderung rengang hingga sulitlah menciptakan rasa sakinah, mawadah dan warahmah.

karangan-bunga1

sumber gambar disini

Dalam kondisi seperti ini rentan sekali suami dan istri ini emosinya“meledak” karena keduanya merasa haknya tak terpenuhi padahal mereka sudah melakukan kewajiban dengan sebaik mungkin. Bisa saja suami marah saat mendapati sang istri tengah tertidur lelap karena kelelahan atau istri yang marah sama suami karena merasa kurang diperhatikan suami. Lalu apa yang akan terjadi jika keduanya sudah sama-sama melampiaskan rasa jengkelnya.

Ust. Cahyadi Takariawan, Trainer & Konselor pernikahan mengatakan dalam kehidupan berumah tangga, suami dan istri masing-masing memiliki hak dan kewajiban yang sudah mutlak namun dalam menjalani hak dan kewajiban mereka harus selalu membingkainya dengan suasana cinta dan kasih sayang. Agar mereka dapat memahami dan menikmati hak dan kewajiban masing-masing sehingga terciptalah rasa sakinah dalam rumah tangga mereka.

Jika suami dan istri memilih untuk mengerti dan memahami kondisi masing-masing, maka akan muncul rasa syukur di mereka karena telah di anugerahkan pasangan yang begitu rela berkorban untuknyadan terbesitlah doa dari hati yang tengah bersyukur itu. Ya,rasasakinah itu tidak akan terwujud pada mereka yang hatinya selalu di penuhi kejengkelan, emosi dan amarah.Rasa sakinah adalah dambaan setiap pasangan namun menciptakan dan mewujudkannya penuh dengan perjuangan (fm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>