Prinsip Dekorasi Rumah Islami

islamic room

Sahabat Sakinah, pada artikel sebelumnya kita telah membahas 5 Tips Agar Rumah Terasa Lapang. Silakan dibaca artikel tersebut agar bisa lebih ‘nyambung’ dengan artikel ini.

Bagi seorang muslim, rumah lebih dari sekadar tempat kita berteduh, berlindung, melepas lelah dan berkumpul bersama keluarga. Tetapi rumah juga adalah sarana untuk kita mempererat kasih sayang, silaturahim, beribadah dan membesarkan anak-anak kita.

Oleh sebab itu, memelihara dan menata rumah sesuai prinsip-prinsip Islami adalah sebuah hal yang penting, agar dapat mendukung kita dalam beribadah dan bersilaturahim, menghadirkan suasana yang nyaman dan tenteram serta memberikan ketenangan batin.

Berikut adalah beberapa prinsip memelihara dan menata rumah sesuai dengan ajaran-ajaran Islam, sebagai berikut :

1. Menjaga Rumah Agar Selalu Bersih

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah itu baik, dan menyukai kebaikan. Dia juga bersih, dan menyukai kebersihan. Dia juga mulia, dan menyukai kemuliaan. Dia juga dermawan, dan menyukai kedermawanan. Maka, bersihkanlah halaman rumahmu. Dan, janganlah kalian menyerupai seperti orang-orang Yahudi” (HR Tirmidzi).

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Menjaga kebersihan tak hanya harus kita wujudkan pada diri kita, baik jasmani maupun rohani, tetapi juga pada tempat di mana kita tinggal. Rumah yang senantiasa bersih akan memberi manfaat antara lain :

  • menjadi tempat yang nyaman bagi semua anggota keluarga;
  • dapat mendukung terpeliharanya kesehatan;
  • mendukung silaturahim dan penghormatan kepada sesama manusia, karena rumah yang bersih akan memberi kesan nyaman pada orang-orang yang datang bertamu;
  • memperbaiki kondisi hati penghuni rumah. Karena rumah yang bersih dan juga rapi dapat meredam rasa amarah dan sedih di dalam hati. Sebaliknya, rumah yang kotor dan berantakan, akan mudah memicu emosi penghuni rumah, karena pada dasarnya, setiap manusia menyenangi keindahan. Dan salah satu wujud keindahan adalah pada kebersihan dan kerapian.

 2. Menata Ruang Agar Efektif, Bermanfaat dan Fungsional

Islam tidak menyukai tindakan pemborosan, mubazir atau sesuatu yang tidak bermanfaat. Dari Abu Hurairah ra. dia berkata, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:  “Sebagian tanda dari baiknya keislaman seseorang ialah meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat” (HR Tirmidzi dan lainnya).

Anjuran ini juga dapat kita terapkan dalam penataan rumah. Setiap ruang dalam rumah hendaknya memiliki fungsi yang mendukung terlaksananya aktivitas di dalam rumah dengan baik. Jika ruang dalam rumah terbatas, maka perlu disiasati agar setiap ruang berfungsi efektif. Begitu juga dalam hal pemilihan perabotan. Pilihlah perabotan yang mudah dibersihkan dan berkarakter minimalis agar mudah dalam penataan.

3. Memiliki Ruang Terbuka

Fungsi ruang terbuka dalam penataan rumah adalah sebagai sumber cahaya, mendukung sirkulasi udara dan memberi kesejukan. Ruang terbuka juga dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai tumbuhan berguna seperti apotek hidup atau tanaman hijau yang dapat memberikan kerindangan. Hal ini selain dapat menciptakan rasa nyaman dan tenang bagi penghuni rumah, juga dapat memupuk rasa syukur kita kepada Allah swt melalui penciptaanNya dan karuniaNya berupa tanaman yang tumbuh subur, menghasilkan buah-buahan untuk kita dan memberikan udara yang sejuk untuk kita hirup.

Dengan menerapkan prinsip Islami dalam penataan rumah, semoga akan membawa penghuninya untuk semakin dekat kepada Allah swt, dan menjadikan rumah sebagai tempat berlabuh yang paling menenangkan dan menenteramkan hati.

 

Referensi 

Firstanty, Anddys. Hidayat, Ade. 31 Inspirasi Rumah Islami. Penerbit Transmedia. Jakarta : 2010.

Penulis: Riawani Elyta

Editor: Yeni Mulati Ahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *