flower-2B2

Pentingnya Ilmu Pernikahan

flower-2B2Pernikahan yang langgeng dan harmonis bukan sebuah keberuntungan, kebetulan dan  terjadi begitu saja, tetapi perlu proses dan perjuangan panjang. Untuk menempuh proses serta perjuangannya pun perlu sebuah ilmu, ya ilmu tentang pernikahan. ironisnya banyak yang tidak menyadari pentingnya ilmu pernikahan, sehingga jika ada permasalahan dalam rumah tangga kebanyakan berujung di sidang perceraian.

Angka perceraian di Indonesia tertinggi se-Asia Pasific danKemetrian Agama Indonesia tahun 2013 mencatat 333 ribu kasus, angka ini meningkat dari tahun 2012 yang hanya 212 ribu kasus perceraian. Rata-rata satu dari 10 pasangan yang menikah4 diantaranya berakhir dengan bercerai. Kebanyakan perceraian terjadi di usia rumah tangga yang masih di bawah 5 tahun. data perceraian ini semakin memprihantinkan dan perlu keseriusan untuk menyikapi kasus ini dengan mengurangi atau mencegahnya. Bagaimanapun terbentuknya keluarga yang harmonis adalah dambaan setiap orang, karena dari keluarga yang harmonis dan bahagia akan lahirlah generasi-generasi yang berkualitas.

Menurut Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah,  Dr.H.A Sukandar, M.Ag mengatakan banyak faktor yang menjadi penyebab perceraian di Indonesia. Selain karena permasalahan yang ada sudah terlalu berat dan kritis, juga minimnya ilmu tentang pernikahan sehingga setiap masalah tidak mampu diselesaikan atau mencari solusi yang baik. Memang setiap rumah tangga pasti akan selalu menemui masalah, namun agar tahan goncangan maslah tersebut, setiap rumah tangga harus memiliki ketahanan mental dan fisik kedua belah pihak. Ketahanan mental dan fisik dalam rumah tangga akan terbangun dengan sebuah ilmu kerumahtanggaan atau ilmu penikahan.

Sukandar menambahkan ilmu tentang pernikahan memang tidak diajarkan di bangku sekolah dan tidak diajarkan di rumah, semua dibiarkan mengalir begitu saja. Padahal menikah adalah melewati setengah hidup bersama seseorang yang sebelumnya tidak saling mengenal dan memiliki latarbelakang yang berbeda.

Maka itu belum terlambat bagi yang sudah menikah untuk terus belajar ilmu tentang pernikahan, melalui buku, mengikuti seminar dan kegiatan sekolah pra dan pascanikah nilai plusnya ilmu yang di dapat bisa langsung di aplikasikan dalam kehidupan nyata. Terlebih untuk pasangan-pasangan yang belum menikah sangat penting sekali untuk membekali diri dengan ilmu pernikahan sejak awal.Menjalani pernikahan memang  menyenangkan dan membahagiakan, namun di balik kesenangan dan kebahagian itu terselip permasalahan demi permasalahan yang akan menguji kekokohan cinta dan kesetiaan setiap pasangan. (fm)

One thought on “Pentingnya Ilmu Pernikahan

  1. Rubens

    kita tidak pernah hidup serindi,.. bagai tangan dan mata yang saling membutuhkan,.. dikala mata perih tangan mengusap dan dikala tangan tergores mata ikut hadir dalam kehidupan dengan tetesan air yang menandakan saling berempati

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>