merpati-love

Pasangan Tak Sesuai Hati…

Kebahagian dan keindahan pernikahan untuk sebagian pasangan biasanya terasa hanya sampai dua atau tiga bulan saja,  karena masih ada aroma-aroma Honeymoon. Setelah itu, kehidupan baru benar-benar telah di jalani bersama, ketika kebiasaan-kebiasaan baik dan buruk pasangan yang dulu tak tampak kini terlihat jelas, berbahagia jika kebiasaan-kebiasaan pasangan lebih banyak baiknya namun manusia tak akan pernah luput dari kekurangan.

merpati-love

sumber gambar dari sini

Setiap pasangan tentu ingin kehidupan rumah tangganya harmonis berjalan mulus-mulus saja, tanpa ada tanjakan, tikungan dan belokan. Pada kenyataannya permasalahan demi permasalahan dalam kehidupan muncul tanpa diduga, ditambah dengan kekecewaan akan kebiasaan pasangan yang tak sesuai menjadikan permasalahan kian rumit.  Hingga muncul sebuah pemikiran, “Seandainya saya menikah dengan yang lain, pasti tidak akan begini…”. Hal ini menambah permasalahan yang rumit manjadi perselisihan dan konflik yang tak ada ujungnya.

Psikolog Dra. Juliani,Mpsi dalam sebuah artikel mengungkapkan jika pasangan belum sesuai dengan keinginan kita, ikhlas dan bersabarlah serta ber-positive thinkingmenghadapinya agar kita tidak mengalami kekecewaan berkepanjangn. Sikap ikhlas akan menumbuhkan sifat memaafkan dan berpikir positif, mengingat-ingat kebaikan yang dimiliki pasangan bukankah ketika kita memutuskan untuk memilih atau menerima dia menjadi pendamping hidup, karena kita melihat adanya kebaikan dalam dirinya bukan. Serta berusahalah kita sadari bahwa semua orang berusaha hidup dengan cara yang paling baik menurut mereka, tinggal kitamenghargai niat baik mereka.

Setelah menyadari bahwa kita hanyalah manusia lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya, hati akan terasa lebih lapang dan kekecewaan. Selebihnya kita luruskan kembali niat kita menikah. Jika pernikahan kita lakukan semata-mata dalam rangka menaati perintah Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah, niscaya tak akan ada perasaan kekecewaan dan penyesalan dalam kehidupan pernikahan. (fm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>