orang tua

Menjadi Orang Tua yang Bijak

orang tua

sumber gambar dari sini

Memperhatikan anak-anak saat tidur adalah yang sangat mengharukan, betapa tidak melihat wajah yang mereka begitu lugu dan polos juga tak berdaya. Saat itu hilanglah perasaan marah dan kesal atas segala kelakuan dan tingkah mereka yang menjengkelkan, berganti kasih sayang yang dalam dan keinginan untuk selalu melindungi mereka. Itulah sikap para orang tua yang menjadikan anak-anak mereka adalah anugerah terindah dari Allah SWT, mereka menjaganya melebihi penjagaan terhadap diri mereka sendiri dan orang tua berusaha semaksimal mungkin memperbaiki pola asuh mereka, agar anak-anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang menyenangkan karena hakekatnya setiap orang tua merupakan manusia biasa yang tak selamanya selalu benar dalam ucapan maupun tindakan. Berikut ini tips menjadi orang tua yang bijak

1. Berpikir positif

Kenapa harus selalu berfikir positif? Karena orang tua selalu dituntut untuk menyikapi segala hal yang menyangkut kehidupan sang anak. Tuntun dan berikanlah anak ruang untuk berpikir dan mengambil keputusan yang baik dan benar, terutama dalam hal pendidikan dan kehidupan sosialnya.

2. Memahami kondisi

Sosok orang tua yang bijak tentu harus tahu kapan waktunya untuk serius dan bercanda, mejadi sahabat atau terkadng menjadi penasehat anak, karena peranan orang tua sangatlah dibutuhkan untuk menjadi penasehat yang baik dengan pemikiran yang matang, bukan sebagai penentu sebuah keputusan.

3. Cerminkan kasih sayang

Kasih sayang adalah “modal” utama bagi sang anak untuk menjadi kuat, tabah dan tak merasa sendiri dalam menjalani hidup. Karena sikap inijustru akan membentuk emosi yang positif akan membantu anak untuk tetap ulet menghadapi semua tantangan dalam hidup dan di masa-masa sulit mereka.

4. Kenali pribadi anak

Banyak dari orang tua yang seakan-akan tahu benar bagaimana cara mencukupi semua kebutuhan sang anak dan membesarkannya. Namun pada kenyataannya tak semua orang tua dapat dengan mudah mengenali kepribadian sang anak. oleh karenanya pahami dan selamilah karakter masing-masing anak sehingga Anda tahu kapan dan bagaimana caranya melakukan pendekatan dan bersikap kepada anak.

5. Meminta maaf saat berbuat salah

Belajarlah dari pengalaman saat Anda pernah menjadi seorang anak di masa lalu dimana mungkin Anda juga pernah melakukan apa yang dilakukan saat ini oleh anak Anda. Berbuat salah adalah hal yang manusiawi, wajar dan bisa saja terjadi kepada siapapun orangnya tanpa memandang usia. Jika Anda merasa memiliki salah terhadap anak, meminta maaflah. Meminta maaf bukanlah hal yang memalukan yang dapat mencederai harga diri yang dimiliki oleh orang tua, namun meminta maaf yang tulus justru akan membuat Anda menjadi orang tua yang sempurna dimata sang anak. (fm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>