Mengapa Saat Flu Kita Harus Istirahat?

sick-teddy-bear1.jpg

Flu atau Infuenza adalah suatu penyakit yang di sebabkan oleh adanya infeksi virus yang dapat menimbulkan demam, batuk, sakit kepala, hidung meler, badan terasa lemas dan tidak enak serta timbul peradangan pada selaput lendir hidung dan saluran pernapasan.

sick-teddy-bear1.jpg

sumber gambar dari sini

 

Ini adalah jenis merupakan penyakit yang sudah dianggap wajar. Karena hal itulah maka orang-orang yang terkena flu seringkali mengabaikannya. Kita menganggap ketika flu, cukup dengan minum obat, memakai baju hangat dan kita dapat terus beraktifitas.

Padahal, menurutseorang dokter asal Amerika Serikat, dr. Jennifer Shu, ketikaseseorang terserang flu saat pekerjaannyasedang menumpuk atau mendekati deadline, dan dia cenderung mengabaikan penyakitnya, itu justru yang akan memperparah sakit mereka dan otomatis juga memperlama proses penyembuhan.

Yang paling baik adalah kita harus beristirahat di rumah, beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Kita menjadi kurang produktif

Memaksakan diri bekerja saat sedang flu sebenarnya malah membuat kita sulit berkonsentrasi, mudah lelah, mudah stress, merasa apa yang dilakukannya selalu salah, dan badan seolah selalu mengajak kita untuk istirahat.

Maka, jangankan menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline, malah mungkin pekerjaan malah akan makin terbengkalai dan selesai lebih lama dari biasanya

Saran untuk beristirahat di rumah ketika flu jangan diabaikan, mungkin tampaknya kita meninggalkan pekerjaan untuk beberapa saat, namun sebenarnya dengan membiarkan tubuh istirahat dan mengejar kesembuhan, maka kita akan lebih cepat bisa kembali lagi mengerjakan pekerjaan-pekerjaan dengan baik.

  1. Penyakit kita akan mudah menular

Virus flu bisa dapat menyebar dengan cepat dan langsung dari orang yang satu ke orang yang lain melalui jabat tangan atau memegang peralatan yang sama. Virus dapat menyebar dengan lebih cepat melalui batuk atau bersin. Bahkan menurut penelitian, beberapa virus bisa bertahan lama pada kulit dan permukaan lainnya selama beberapa jam dan menginfeksi orang lain juga.

Maka ada baiknya, sedapat mungkin hindari banyak berinteraksi dengan orang lain, apalagi jika aktifitas anda menuntut interaksi lebih dengan manusia—terutama anak-anak dan orang lanjut usia yang memiliki sistem imun lebih lemah—atau makanan.

  1. Memperlambat kesembuhan

Biasanya ketika kita sedang dikejar deadline, maka kita akan cenderung menahan diri untuk tidak tidur. Padahal sejumlah studi menunjukkan kurang tidur akan melemahkan sistem imun dan membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

Sebaliknya, cukup tidur akan meningkatkan sistem imun sehingga memudahkan tubuh melawan infeksi virus. Maka saat baru saja sakit, idealnya, kita perlu banyak tidur dan tidak memaksakan diri tetap bekerja.

Namun kambali ke tips awal, jika kita memang perlu bekerja, pastikan kita menjaga jarak dengan orang lain. Cuci tangan sesering mungkin, dan gunakan masker atau saputangan untuk menutupi batuk dan bersin. Buang tisu bekas pakai segera mungkin dan cuci tangan lagi setelahnya.[fely]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *