merpati-love

Menciptakan dan Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

merpati-love

Kemesraan pasangan suami istri sedang “hot-hotnya” ketika mereka masih pengantin baru,  saat panggilan “sayang dan cinta” masih sering dilontarkan, pelukan dan ciuman hangat masih sering diberikan. Namun apakah kemesraan itu akan terus berlanjut sampai usia senja? Karena ternyata seriring berjalannya waktu indahnya cinta dan kemesraan berterbangan satu per satu, berganti kebosanan, kejenuhan dan rasa acuh tak acuh hingga mengancam keharmonisan rumah tangga. Padahal menjaga dan memelihara keharmonisan syarat penting dalam mengarungi kehidupan rumah tangga yang penuh dengan berbagai goncangan dan hempasan badai rumah tangga.keharmonisan keluarga merupakan dambaan setiap insan namun ternyata masih banyak yang gagal dan kesulitan dalam membangun dan menjaga keharmonisan keluarga.

Merujuk definisi Keharmonisan ditinjau secara terminologi, keharmonisan tercipta dari perpaduan antara selaras atau serasi sehingga mewujudkan rasa bahagia dan damai pada yang mengusahakannya. Ya, keharmonisan rumah tangga itu tidak muncul begitu saja namun harus ada perjuangan berat dalam menciptakan dan menjaganya. Berikut beberapa tips menjaga keharmonisan dalam rumah tangga yang dikutip dari beberapa sumber :

  1. Kita harus selalu bersyukur, karena dengan bersyukur membuat setiap orang merasa damai dan tenang dalam menjalani hidup. Percekcokan yang terjadi dalam rumah tangga dapat disebabkan karena salah satu pihak merasa tidak puas dengan kondisi yang ada terutama yang berkaitan dengan faktor ekonomi, sosial, dan budaya.
  2. Suami dan istri harus berbagi perandalam rumah tangga berdasarkan prinsip saling membantu agar tak terjadi situasi saling menyalahkan jika suatu saat ketidaknyamanan hadir dalam keluarga.
  3. Apapun yang terjadi selau utamakan keluargadi atas kepentingan pribadi
  4. Bersikap Jujur karena sekali kedapatan berbohong mengenai satu hal, maka akan selalu menimbulkan rasa curiga dan rasa tidak percaya.
  5. Suami istri harus saling menguatkan dan saling melengkapi dan saling menguatkan.
  6. Menjaga Komunikasi, kadangkala banyak pasangan suami istri yang menyepelekan hal ini, padahal komunikasi sangat penting agar tak terjadi salah
  7. Menjaga Romantisme, menghadapi berbagai kesibukan rumah tangga suami dan istri sering melupakan romantisme masa pengantin baru seperti memberi hadiah, pujian dan kejutan.
  8. Pertahankan Kesetiaan, salah satu penyebab hancurnya sebuah rumah tanggakarena tanpa kesetiaan maka tidak ada keharmonisan dalam rumah tangga.
  9. Saling Pengertianberarti saling memahami kesukaan, ketidaksukaan, kelebihan, kekurangan, dan keinginan masing-masing. Sikap saling terbuka akan menciptakan suasana kondusif bagi pasangan suami istri untuk saling memahami satu sama lain. (FM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>