Manajemen Uang Angpau Lebaran

Datangnya hari lebaran sebenarnya bergitu dinantikan oleh anak-anak kita, meski diantara mereka ada yang masih belajar berpuasa namun mereka begitu antusas menyambut hari raya tiba. Selain memakai baju baru, makanan yang enak dan merekapun mendapat angpau dari nenek, kakek, om dan tante mereka, alhasil mereka dalam sehari saku baju mereka sudah penuh dengan lembaran-lembaran uang THR tanpa kerja.

Dan hari itu anak-anak “mendadak kaya” karena memiliki uang melebihi nominal yang biasanya mereka dapatkan, sehingga mereka mengklaim “Ini uang kakak atau ini uang dede ya!” dan segera saja rencana-rencana belanja ini dan itu mereka deklarasikan.

Pengawasan orangtua sangat diperlukan dalam manajemen angpau lebaran mereka, karena mereka belum mengerti sebanyak apapun uang yang mereka punya, jika tidak dikelola dengan baik makin lama akan habis tanpa sisa dan tanpa terasa. Ya, hal ini yang sangat penting bagaimana mereka belajar mengelola keuangan, mengenai nilai uang dan konsep sebanyak apapun uang pasti akan habis.Buatlah kesepakatan dengan anak-anakmengenai rencana belanja mereka sesuai kebutuhankah atau hanya  keinginan saja, ajarkan mereka dengan berbagi dan menabung. (fm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>