j0178066

Kiat Langsing Dengan Terapi Air Putih

j0178066

Memiliki berat badan di atas normal atau mengalami obesitas tentunya tidak menyenangkan ya sahabat. Selain rentan berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes, kolesterol, asam urat dan sebagainya, obesitas juga berdampak pada estetika. Tidak ada wanita yang suka disebut gemuk, juga terasa sulit mencari pakaian dengan ukuran yang pas. Tak heran, jika banyak wanita yang rela bersusah payah, menahan rasa lapar hingga mengeluarkan banyak uang agar bisa memiliki berat badan yang normal dan terlihat langsing.

Ada banyak metode ditawarkan untuk mencapai berat badan ideal, namun diantara semua metode itu, salah satu cara yang paling praktis dan nyaris nol biaya, adalah dengan terapi air putih. Sebuah fakta cukup mengejutkan dikemukakan oleh Prof. Yoo Taiwoo, Kepala Klinik Doctor U’s Body Mind and Life training Korea, bahwa kekurangan 1-2% cairan dalam waktu lama dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi kronis tanpa kita menyadarinya. Ini dikarenakan dehidrasi kronis tidak menimbulkan rasa haus berlebihan dan gejala-gejala seperti yang terlihat pada dehidrasi akut, yaitu kondisi di mana seseorang kekurangan cairan mulai dari 3% hingga 11%.

Tetapi, seseorang yang mengalami dehidrasi kronis akan mengalami gejala sulit membedakan rasa haus dan lapar. Ketika tubuh kekurangan air, seharusnya dia merasa haus. Tetapi dia justru merasakan lapar dan mengatasinya dengan makan. Hal ini membuat tubuhnya tetap kekurangan cairan, sementara di sisi lain asupan makanan justru bertambah. Inilah yang membuat seorang penderita dehidrasi kronis cenderung bertambah gemuk.

Oleh karenanya, sahabat yang saat ini mengalami kegemukan, boleh jadi salah satu faktor pemicunya adalah karena mengalami dehidrasi kronis. Dan kondisi ini bisa disembuhkan dengan terapi air putih melalui beberapa tips berikut ini :

1. Cukupi kebutuhan air putih
Meskipun tidak ada angka kecukupan yang pasti, rata-rata ahli medis menyarankan untuk memenuhi kecukupan hidrasi dengan minum air putih minimal dua liter per hari. Jumlah ini wajib ditambah jika kita banyak berkeringat atau sering beraktivitas di luar rumah.

2. Kenali rasa lapar
Saat kita merasa lapar, jangan buru-buru mencari solusinya dengan menyantap makanan. Cobalah tunda sejenak dan rasakan lebih saksama, apakah kita memang benar-benar lapar atau yang sesungguhnya terjadi adalah kita sedang membutuhkan cairan. Bagi sahabat yang mengalami dehidrasi kronis, kondisi ini pada awalnya mungkin sedikit sulit dikenali, tetapi dengan mematuhi poin 1 di atas dan menerapkannya secara rutin, perlahan-lahan sahabat akan lebih mudah mengidentifikasi kondisi tubuh yang tengah memerlukan makanan atau cairan sehingga dapat pula mengatasinya dengan cara yang tepat.

3. Kurangi rasa lapar dengan minum air putih
Menjelang waktu makan besar tiba, misalnya saat makan siang atau makan malam, cobalah terlebih dulu mengonsumsi segelas air putih hangat. Ini akan mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk makan berlebihan selain juga membantu kecukupan hidrasi.

4. Konsumsi lebih banyak air putih jika kita seorang tea or coffee lover
Kopi dan teh memiliki sifat diuretik yang dapat menguras cairan tubuh. Kopi dapat mengeluarkan air dari tubuh hingga dua kali lipat dari volume yang diminum, sementara teh 1,5 kali lipatnya. Jadi jika kita minum 100 ml kopi, tubuh akan kehilangan 200 ml air yang dikeluarkan lewat urine. Oleh karenanya, kita sebaiknya minum lebih banyak air putih jika sulit menghilangkan kebiasaan untuk minum teh atau kopi setiap hari.

5. Minum air putih dengan cara yang disukai
Sebagian orang enggan minum air putih karena tidak suka dengan rasanya. Ini bisa disiasati dengan minum air putih sesuai cara yang disukai. Misalnya saja, meminumnya dalam keadaan dingin. Sepanjang tidak mengonsumsinya ketika cuaca tengah panas-panasnya, atau baru habis berolahraga, air putih dingin relatif aman. Hanya saja, mengonsumsinya saat dingin juga tidak boleh berlebihan karena dapat memicu perut kembung dan flu.

Terapi air putih adalah cara praktis yang dapat kita lakukan untuk membantu proses penurunan berat badan, dan proses ini tentu saja tidak dapat berlangsung yang instan. Jika kita menginginkan berat badan ideal secara lebih efektif, tentunya harus didukung dengan mengatur pola makan, memperhatikan jenis dan jumlah asupan, juga berolahraga secara teratur. Namun apa yang lebih penting, dengan mencukupi kebutuhan hidrasi setiap hari, insya Allah tubuh kita akan terhindar dari dehidrasi kronis, kesehatan tubuh akan tetap terjaga dan peningkatan kondisi fisik akan kita rasakan dari waktu ke waktu.

Referensi :
– Taiwoo, Yoo. Menjadi Cantik dalam 2 Minggu dengan Air Putih. Bandung. Penerbit Qanita : 2015.
– www.riawanielyta.com
Penulis :
Riawani Elyta
Penulis 14 novel, non fiksi Sayap-sayap Sakinah dan Sayap-sayap Mawaddah.
Admin komunitas Be A Writer Community
Mentor kelas private novel Smart Writer.
FB : Riawani Elyta
twitter : @RiawaniElyta
blog : www.riawanielyta. com
IG : riawani_elyta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>