Sirih

Keputihan? Obati dengan Daun Sirih!

Sirih
Sobat Sakinah, khususnya yang perempuan, pasti pernah mengalami keputihan. Memang, keputihan itu suatu hal yang lumrah. Tapi, jangan entengkan keputihan ya! Memang, keputihan bisa saja merupakan hal-hal yang disebabkan oleh faktor fisiologis. Ini keputihan yang normal. Misalnya, saat-saat menjelang haid, kebanyakan wanita mengalami keputihan fisiologis. Biasanya cairannya encer, bening, tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal.
Tetapi, ada juga keputihan yang bersifat patologis, atau disebabkan oleh kuman-kuman penyakit. Cirinya cairan yang keluar dari vagina kental, warna putih, kekuningan atau kehijauan, berbau, menimbulkan gatal dan jelas sangat membuat kita tidak nyaman. Keputihan jenis ini biasanya disebabkan oleh kuman, jamur, bakteri dan virus, seperti Trichomonas vaginalis, jamur Monilla, Candidas, Bakteri Gardnella, dan sebagainya. Rata-rata, keputihan patologis ini disebabkan karena kurang terjaganya kebersihan di area V. Tapi ada juga yang disebabkan karena hubungan seks, seperti keputihan yang disebabkan karena virus HIV dan herpes.
Keputihan patologis, bisa berefek bahaya, seperti menimbulkan kemandulan dan kehamilan yang terjadi di luar kandungan (ektopik), lho! Waduuuh, gawat kan…! Makanya, jangan entengkan keputihan.
Banyak sekali obat-obat keputihan dijual di apotik-apotik. Tetapi, jangan lupakan salah satu obat alami yang disediakan oleh alami. Apa itu? Daun sirih. Yup, daun sirih (Piper betle), memang telah lama diteliti dan terbukti mengandung banyak zat-zat yang sangat berguna untuk melawan penyakit. Berabad-abad nenek moyang kita telah menjadikan sirih sebagai tanaman obat yang mujarab. Berbagai penyakit seperti batuk, mimisan, mata merah, sariawan/bengkak pada gusi, bahkan juga bau mulut dan bau badan, bisa diobati dengan daun sirih. Kandungan utama daun sirih adalah minyak atsiri dengan kandungan utama fenol (dan senyawa turunannya seperti kavikol, kavibetol, karvacol, eugenol, dan allilpyrocatechol), eugenol (yang bersifat antijamur), karoten, tiamin, riboflavin, asam nikotinat, vitamin C, tannin, gula, pati dan asam amino.
Cara mengobati keputihan dengan daun sirih, bisa Sobat lakukan dengan mengambil sekitar 10 lembar daun sirih lalu direbus dengan air sekitar 2 atau 3 liter. Air rebusan bisa Sobat gunakan untuk membersihkan area V Sobat. Lakukan secara rutin, ya! Insya Allah akan sangat terlihat perbedaannya. Anda akan lebih segar, sehat dan gembira, tanpa gangguan keputihan.
Tentu saja, pengobatan dengan daun sirih ini untuk keputihan patologis kategori ringan hingga sedang. Jika keputihan sudah sangat parah, apalagi disebabkan oleh virus-virus berbahaya seperti HIV dan Herpes, tentu harus datang kepada dokter ahli.
Selamat mencoba! (Ummu Arfans).

Keterangan: Gambar diambil dari http://www.natureloveyou.sg/Piper%20betle/DSC08737%20(12).jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>