Ijab

Jangan Ragu Untuk Menikah

Ijab

Sumber gambar disini

           

Keraguan dan ketakutan untuk segera melangkang ke jenjang pernikahan, tentu setiap pasangan pernah merasakannya. Terutama bagi kaum pria banyak tuntutan yang harus ia miliki sebelum memutuskan naik ke pelaminan, seperti tabungan yang cukup serta penghasilan yang tetap. Dengan dua hal itu saja seorang pria dikatakan telah “siap dan layak” untuk menikah. Namun apakah sebuah pernikahan harus selalu diorientasikan pada kemapanan secara ekonomi?

Seorang pemerhati keluarga pra dan pacsa nikah, mengatakan sebenarnya modal utama untuk menikah bukan kondisi keuangan saat ini, melainkan mental dan keseriusan yang kuat dalam diri seorang  pria untuk menjemput rezeki dan bertanggung jawab menafkahi. Karena percuma saja seorang pria telah memiliki penghasilan tetap pun tidak menjamin, jika pria tersebut tidak memiliki mental bertanggung jawab dan menafkahi maka istri dan anak-anaknya pun akan terlantar secara ekonomi.

Untuk itu sebaiknya belum memiliki tabungan dan penghasilan tetap jangan menjadi alasan untuk menunda menikah, tetapi yang perlu dibenahi adalah sikap mental untuk menjemput rezeki dan mental untuk menafkahi. Bila kedua hal ini sudah siap dijalani maka jangan ragu untuk menikah karena hal itu telah menunjukkan seorang pria siap untuk bertanggung jawab secara ekonomi sebagai seorang kepala keluarga. Serta jangan berkecil hati karena Allah SWT akan senantiasa menolong, seperti tertera dalam hadist berikut.

“Ada tiga golongan manusia yang berhak Allah tolong mereka, yaitu seorang mujahid fi sabilillah, seorang hamba yang menebus dirinya supaya merdeka dan seorang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya”. (HR. Ahmad 2: 251, Nasaiy, Tirmidzi, Ibnu Majah hadits no. 2518, dan Hakim 2: 160)[1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>