ortu tengkar

JANGAN MENJADI ORANGTUA YANG GAGAL

ortu tengkar

ilustrasi diambil disini

 

Anak adalah anugerah, pelengkap kebahagiaan serta investasi berharga untuk orang tuanya di dunia dan akhirat, sehingga tak jarang kehadiran anak dalam sebuah keluarga begitu dinantikan. Namun beberapa hari terakhir kita dikejutkan, ternyata ada orang tua yang begitu tega dan tanpa merasa bersalah menelantarkan anak-anaknya. Kasus ini mengejutkan semua pihak serta yang lebih mengejutkan lagi kasus ini berujung pada penyalahgunaan narkoba.

Data Departemen Sosial selama beberapa tahun terakhir mencatat sekitar 1,1 juta anak di Indonesia yang kini terlantar dan jumlahnya kini semakin bertambah. Penelantaran anak adalah di mana orang dewasa yang bertanggung jawab pada anak tersebut, gagal untuk menyediakan kebutuhan memadai untuk berbagai keperluan, termasuk fisik (kegagalan untuk menyediakan makanan yang cukup, pakaian, atau kebersihan), emosional (kegagalan untuk memberikan pengasuhan atau kasih sayang). Banyak yang menjadi alasan orang tua menelantarkan anak diantaranya kemiskinan dan kecanduan obat-obatan terlarang. Hal ini sangat disayangkan terjadi penelantarkan anak, sama juga dengan kita mengabaikan masa tua kita sendiri, karena di masa tua nanti anak-anaklah yang menjadi penerus, pengurus kita serta doa anak adalah tabungan dunia dan akhirat orang tuanya.

Psikolog dari Klinik Terpadu Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Jane Cindy, mengatakan anak yang ditelantarkan bisa mengalami dampak psikologis, yaitu merasa ditolak oleh kedua orang tuanya, tidak memiliki kemampuan bersosialisasi sehingga berdampak anak bertumbuh menjadi individu yang penyendiri, tertutup, egosentris serta tidak mampu mengembangkan rasa empati. Dan yang lebih bahaya lagi anak yang ditelantarkan orang tuanya akan mengalami trauma berkepanjangan. Semoga kasus ini bukan merupakan fenomena gunung es, dengan kepercayaan tinggi masih banyak para orang tua yang betul-betul mendidik anak-anaknya dengan cinta, mengasuh dengan ilmu dan menjaganya dengan penuh keimanan. (fm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>