mendidik-anak-tangan-hand

HARUSKAH MENJADI ORANGTUA YANG OVERPROTEKTIF?

Kita semua menyadari lingkungan kita belum sepenuhnya bisa benar-benar “bersahabat” dengan anak-anak bahkan semakin hari kondisinya semakin membahayakan anak. Di mulai dari tontonan TV di rumah, jajanan yang tak sehat, narkoba yang selalu mengintai serta pergaulan bersama teman-temannya di luar atau di dalam sekolah. Sehingga orang tua selalu diliputi rasa khawatir dan mereka sekuat tenaga berusaha berupaya menjamin dan melindungi anak-anaknya dari hal-hal yang bisa mengganggu perkembangan dan masa depan anak-anak.

mendidik-anak-tangan-hand

sumber gambar disini

Dari rasa cemas dan khawatir ini maka para orangtua menjadi lebih overprotektif terhadap anak-anaknya. Protektif itu adalah sifat orang untuk menjaga dan melindungi sesuatu yang disayanginya. Bila longgar, membuat anak bisa lalai, bila over aspek perkembangan kemandirian anak bisa terganggu. Hal ini yang kerap membingungkan para orangtua di satu sisi ingin melindungi anak, di sisi lain takut anaknya terkungkung dan tidak berkembang.

Menurut psikolog Indri Savitri MPsi, rasa khawatir dan bersikap melindungi memang harus diberikan namun  harus tepat penerapannya. Pada anak-anak usia dini, pengasuhan secara fisik atau kontak fisik sangat dibutuhkan. Keberadaan orang tua di samping anak, selain membuat anak-anak merasa aman dan nyaman juga membentuk bonding atau ikatan kuat antara anak dan orang tua. selain itu anak-anak memerlukan pengasuhan yang bersifat telling. Begini  nak, begitu nak, serta anak melihat langsung  apa yang dilakukan orang tua untuk ditirunya. Mereka masih perlu dituntun terus, ditunjukkan mana baik mana buruk, yang boleh dan tidak boleh serta membekali anak dengan kepercayaan dan kejujuran, selain itu mengajarkan anak untuk selalu berdoa memohon perlindungan Allah SWT. (fm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>