Fatwa MUI: Haram Buang Sampah Sembarangan!

buang sampah

buang sampah

 

Suatu hari, sebuah mobil mewah melewati sebuah perkampungan. Di tempat yang agak sepi, jendela terbuka, dan swiiing…! Sebuah bungkusan sampah dilempar begitu saja. Karena tidak rapat mengikat ujung plastik, sampah pun terburai mengotori jalan. Pernahkah Anda melihat adegan menyebalkan seperti itu?

Hati-hati, sebab membuang sampah sembarangan telah difatwakan haram oleh Majelis Ulama Indonesia. Fatwa MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 47 Tahun 2014 Tentang PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK MENCEGAH KERUSAKAN LINGKUNGAN ini dikeluarkan pada akhir tahun 2014 dengan mengambil pertimbangan dari ayat-ayat Al-Quran dan As-Sunnah.

Salah satu ayat yang dijadikan pertimbangan adalah ”Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya” (QS. Al-A’raf [7]: 56).

Juga hadits Rasulullah swt: ”Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu”.  (HR. At-Tirmidzi)

Berikut ini adalah ketentuan hukum dari fatwa tersebut. Yuk, kita ikuti!

  1. Setiap muslim wajib menjaga kebersihan lingkungan, memanfaatkan barang-barang gunaan untuk kemaslahatan serta menghindarkan diri dari berbagai penyakit serta perbuatan tabdzir dan israf.
  2. Membuang sampah sembarangan dan/atau membuang barang yang masih bisa dimanfaatkan untuk kepentingan diri maupun orang lain hukumnya haram.
  3. Pemerintah dan Pengusaha wajib mengelola sampah guna menghindari kemudharatan bagi makhluk hidup.
  4. Mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna bagi peningkatan kesejahteraan umat hukumnya wajib kifayah.

Sumber: http://mui-lplhsda.org/

Ditulis oleh Afifah Afra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *