Bimbang? Shalat Istikharah, Yuk!

anak-sholat-di-masjid

anak-sholat-di-masjidSahabat Sakinah, mungkin pernah mengalami kebimbangan dalam menentukan pilihan. Sementara pengambilan keputusan atas pilihan tersebut adalah sesuatu yang urgen. Maka, solusi terbaik yang dapat Sahabat lakukan adalah dengan menunaikan sholat Istikharah. Shalat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang dilanda kebimbangan, dan hendak memohon petunjuk kepada Allah, untuk menentukan keputusan yang benar ketika dihadapkan kepada beberapa pilihan keputusan.

Dalil disyariatkannya sholat istikharah, adalah diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah radhiallahu’anhu, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajari para sahabatnya untuk shalat istikharah dalam setiap urusan, sebagaimana beliau mengajari surat dari Alquran. Beliau bersabda, ‘Jika kalian ingin melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua rakaat selain shalat fardhu, kemudian hendaklah ia berdoa: Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.’

Ada banyak manfaat yang diibaratkan sebagai buah segar oleh Sanad bin Albaidhani dengan kita menunaikan sholat istikharah, di antaranya yaitu :

  1. Menikmati Kebahagiaan di Dunia

Petunjuk yang diberikan Allah adalah yang Ia ridhoi untuk kehidupan kita di dunia. Maka dengan melaksanakan pilihan sesuai apa yang diridhoiNya, insya Allah akan membuat kita lebih menikmati kebahagiaan selama hidup di dunia.

 

  1. Memperbaharui Keimanan

Terkadang, kemantapan pilihan yang diperoleh usai menunaikan sholat istikharah tidak sesuai dengan keinginan kita. Namun dengan kita meyakini bahwa pilihan itu adalah yang terbaik dari Allah dan kita ridho menerimanya, maka hal itu akan memperbaharui keimanan kita kepada Allah.

 

  1. Ketenangan Serta Keikhlasan Niat

Petunjuk yang kita peroleh setelah menunaikan sholat Istikharah, akan membuat kita merasa lebih tenang dan ikhlas dalam memulai pekerjaan sesuai petunjuk tersebut. Mengingat petunjuk itu datangnya dari Allah, maka kepada Allah jua niat yang ikhlas serta keikhlasan dalam menjalaninya kita persembahkan.

 

  1. Menguatkan Keyakinan

Kemantapan hati yang bersumber dari petunjuk Allah akan menguatkan keyakinan kita.  Keyakinan sangat penting kita miliki sehingga kita dapat menjalanidengan penuh kesungguhan. Sebaliknya, melakukan sesuatu hanya karena ikut-ikutan atau kebiasaan, akan berpengaruh pada proses dan hasil dari apa yang kita jalani tersebut.

 

  1. Bebas dari Rasa Rakut Gagal

Pilihan Allah pastilah pilihan yang terbaik. Maka, hal ini dapat menguatkan keberanian dan membebaskan kita dari rasa takut gagal. Kalaupun pada saat menjalaninya, langkah kita tersandung batu cobaan dan mengalami kegagalan, itu sesungguhnya adalah bagian dari proses yang Allah ridhoi untuk kita menjadi lebih bijak dan dewasa dalam memecahkan suatu masalah.

 

Demikianlah beberapa manfaat dari sholat istikharah. Jika sahabat mengalami kebimbangan dalam menentukan arah dan pilihan, termasuk keraguan sebelum memulai dan memutuskan suatu perkara, jangan ragu untuk menyandarkan pertolongan kepada Allah swt melalui sholat Istikarah. Jika sudah melakukannya namun kemantapan hati belum juga didapat, jangan langsung putus asa, teruslah melakukan sholat istikharah dengan khusyu dan penuh pengharapan sampai petunjuk itu akan hadir dengan sendirinya melalui kemantapan hati. Dan kalaupun pilihan yang hadir itu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, janganlah merasa sedih dan kecewa, yakinkan diri bahwa itu adalah pilihan terbaik yang Allah ridhoi untuk kita, serta berusahalah untuk ridho atas pilihan tersebut, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan dalam doa sesudah istikharah :  ثُمَّ أَرْضِنِى yang artinya : “kemudian jadikanlah aku ridha dengannya”.

Semoga shalat istikharah dapat membantu sahabat mengurai kebimbangan dan keraguan, serta dapat menjalani pilihan yang telah ditetapkan Allah swt dengan sepenuh keridhoan.

 

Referensi: konsultasisyariah.com

Buku Jangan Bimbang karya Sanad bin Ali bin Al baidhani dan Aid Al-Qarni terbitan Indiva Media Kreasi.

 

Penulis

Riawani Elyta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *