Bijak Mengisi Liburan Anak

Photo0168

Photo0168Selesai sudah masa belajar anak-anak di semester pertama ini. Rapot hasil belajar sudah juga di bagikan, bagaimana hasilnya Ayah Bunda? Jika hasil belajar anak membanggakan, Ayah Bunda sangat senang bukan? namun jangan berhenti sampai disini, masih ada semester dua yang akan dilalui jadi belajarnya harus lebih ditingkatkan lagi ya.

Setelah melewati hari-hari sekolah yang terkadang sangat melelahkan anak, betapa mereka gembira menyambut libur panjang.rasanya sayang sekali jika liburan panjang yang berlangsung kurang lebih 2 sampai 3 minggu ini dilalui dengan membiarkan anak hanya di rumah dan menonton televisi atau bermain gadget saja.

Liburan ataurefreshingadalah saat di mana kita meluangkan waktu bebas dari pekerjaan atau bagi anak bebas dari kegiatan sekolah. Hal ini diperlukan agar kita dapat menyegarkan kembali fikiran, kejenuhan, tertekan dalam menjalani rutinitas. Anak-anak juga perlu refreshing karena anak bukan miniatur orang dewasa tetap mereka juga punya perasaan, punya kemauan, punya mimpi namun sebagai orang tua kita tetap harus mengarahkan.

Berikut ini ada beberapa liburan yang bisa jadi pilihan buat anak-anak, yang bermanfaat dan mencerdaskan:

 

  1. Mengajak anak liburan ke rumah nenek atau kerabat yang jarang dikunjungi, lalu bermalam beberapa hari agar anak mengenal dan bermain bersama saudara-saudara jauhnya.
  2. Mengajak anak membuat menu camilan murah dan sederhana di rumah, misalnya hari ini membuat donat, besok membuat es pisang coklat dan lain-lain.
  3. Mengajak anak berkebun atau bercocok tanam, ajak anak menanam misalnya strawberi, timun, sawi dan lain-lain. Tidak perlu lahan yang besar cukup dalam pot saja.
  4. Mengajak anak memelihara hewan, contoh kelinci atau ayam biarkan anak ikut serta dalam pengurusan makan dan kebersihan hewan.

 

Pilihan liburan diatas selain murah dan mudah juga membantu meningkatkan kecerdasan naturalis, kognitif dan motorik anak, agar anak semakin sayang saudara-saudaranya, bisa berinteraksi, bisa belajar memasak, dan anak lebih peka terhdap lingkungan karena cinta pada mahluk hidup lainnya misal binatang atau tumbuhan.Nah, sudah ada pilihankah mengisi liburan kali ini, kalau belum point-point di atas bisa dipraktekkan bersama buah hati anda. Pasti sangat menyenangkan dan anak juga pasti senang bisa mengisi liburan yang bermakna bersama anda. Selamat liburan Ayah Bunda. [fm]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *