Bersih dan Wangi Saat Mendatangi Istri

flower_1

flower_1

Bayu kecewa bukan main. Ketika dia baru sampai di halaman rumah setelah seminggu tugas di luar kota, rasa kangen kepada istrinya membuat dia ingin secara dramatis memeluk sang istri begitu perempuan itu menyambutnya. Tak dinyana, ketika mendekat, sang istri menolaknya halus, “Ih, Mas Bayu bauuu!”

Sebenarnya, Bayu tak perlu kecewa. Secara alamiah, semua orang tentu tak menyukai bau yang tak sedap. Bahkan, Rasulullah SAW pun menyadari hal itu. Abu Rafi’ r.a. berkata, “Nabi Saw pada suatu hari pernah menggilir istri-istri beliau, beliau mandi tiap kali selesai berhubungan bersama ini dan ini. Aku bertanya, ‘Ya Rasulullah, bukankah lebih baik engkau cukup sekali mandi saja?’ Beliau menjawab, ‘Seperti ini lebih suci dan lebih baik serta lebih bersih.’” (HR. Abu Daud dan Ahmad).

Islam adalah agama yang menganjurkan seseorang untuk menjaga kebersihan, karena kebersihan badan adalah pancaran iman. Selain bersih, memakai parfum—khususnya pada lelaki, sangat dianjurkan. Rasulullah berkata, “Empat macam di antara sunnah-sunnah para Rasul yaitu: berkasih sayang, memakai wewangian, bersiwak dan menikah.” (HR. Tirmidzi).

Demikian juga untuk para istri, saat hendak bertemu dengan suaminya. Silakan memakai wewangian, berhias, dan tampil secantik-cantiknya. Para lelaki juga perlu memberi kesempatan kepada para istri untuk berhias. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Jabir. Dari Jabir, dia berkata, “Kami pernah pergi beserta Nabi dalam sebuah peperangan. Tatkala kami kembali ke Madinah, kami hendak masuk (ke rumah-rumah kami), sabdanya, ‘Sabarlah, masuklah kamu pada malam—yakni waktu Isya, supaya istri-istri yang lama ditinggal suaminya yang kusut masai bersisir dan berhias.’” (Muttafaq-Alaihi).

Jadi, jika Anda dalam perjalanan pulang dari bepergian, mungkin Anda bisa mengabari istri Anda, “Darling, aku udah sampai Semarang, sejam lagi sampai Solo.” Jangan langsung nongol begitu saja, kecuali saat Anda hendak memberikan kejutan untuknya.

Ditulis Oleh Afifah Afra (@afifahafra79).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *