hijab muslimah

Berhijab, Rambut Tetap Sehat #2

hijab muslimah

Melanjutkan artikel sebelumnya, Berhijab, Rambut Tetap Sehat #1, selain melalui perawatan rambut secara teratur, pemilihan bahan khimar atau penutup kepala dan cara mengenakannya juga penting lho untuk menjaga kesehatan rambut, khususnya untuk kita wanita berhijab. Berikut di antara tips memilih dan menggunakan khimar :

  1. Pilih khimar yang mudah menyerap keringat seperti yang berbahan kaos, katun atau spandek, sehingga rambut terhindar dari kelembapan berlebihan yang dapat menyebabkan rambut menjadi kusam, lepek dan juga berketombe.
  2. Sebaiknya hindari menggunakan khimar warna hitam atau gelap pada saat siang hari yang terik, karena warna hitam atau gelap sangat mudah menyerap sinar matahari, sehingga membuat rambut atau kulit kepala menjadi lebih panas.
  3. Khimar yang berlapis-lapis tidak disarankan, tetapi jika terpaksa mengenakannya, misalnya karena bahannya agak tipis atau warna yang transparan, sebaiknya jangan lebih dari empat lapis, karena akan membuat kulit kepala sulit bernapas.
  4. Kenakan khimar yang longgar, tidak terikat di bagian leher yang dapat menyebabkan udara terhambat masuk.
  5. Kenakan Ciput untuk dalaman yang berbahan nyaman untuk kulit, seperti lucy/lycra, polyspun, paris, atau viscose. Jangan pula menggunakan ciput terlalu ketat.
  6. Sebelum mengenakan khimar, rambut harus dalam kondisi sudah kering atau setengah kering, karena rambut yang masih dalam kondisi basah atau lembab apabila langsung ditutup khimar, cenderung menyebabkan rambut menjadi rapuh dan berketombe.
  7. Rambut yang panjang sebaiknya jangan diikat terlalu keras sebelum mengenakan khimar, karena akan menyebabkan rambut mudah patah dan lembap.
  8. Beri kesempatan kulit kepala untuk bernapas dengan melepas khimar jika kondisinya memungkinkan. Disarankan untuk tidak menggunakan khimar lebih dari 8 jam berturut-turut karena dapat mengganggu sirkulasi udara pada kulit kepala.

Nah, buat sahabat yang berhijab, jangan khawatir dengan kesehatan rambut kita meski selalu tertutup, ya. Asalkan perawatannya teratur dan tepat, insya Allah rambut tetap terpelihara dan aturan Islam dalam berbusana tetap dapat kita tegakkan dengan baik.

Referensi :
www.doktercantik.com
www.media.zoya.co.id

Sumber gambar: DARI SINI

Penulis :
Riawani Elyta
Penulis nonfiksi Sayap-sayap Sakinah, Sayap-sayap Mawaddah dan 14 novel.
Saat ini juga aktif sebagai kontributor media online, mentor kelas menulis online dan admin di komunitas Be A Writer.
FB : Riawani Elyta
Twitter : @RiawaniElyta
Blog : www.riawanielyta.com
IG : riawani_elyta

One thought on “Berhijab, Rambut Tetap Sehat #2

  1. Pingback: Berhijab, Rambut Tetap Sehat #1 | Sayap-Sayap Sakinah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>