kartun sampo

Berhijab, Rambut Tetap Sehat #1

kartun sampo

Rambut adalah mahkota wanita. Bagi sahabat yang berhijab, meski rambut senantiasa tertutup oleh jilbab, bukan berarti kita boleh lalai dalam merawatnya ya. Karena rambut yang senantiasa tertutup, jika tidak dirawat dengan baik, bisa memicu berbagai gejala kerusakan, seperti mengalami rontok, berketombe, lepek, mudah patah, kusam, dan sebagainya.

Perawatan rambut untuk muslimah yang berhijab sebenarnya nggak ribet kok. Pada bagian pertama artikel ini, kita akan terlebih dulu membahas tips-tips perawatan rambut bagi sahabat yang berhijab. Yuk, simak tips-tipsnya berikut ini:

1. Keramas dua atau tiga kali seminggu dengan sampo yang sesuai dengan jenis dan masalah rambut. Pada saat keramas, tuang sampo secukupnya ke atas rambut yang sudah dibasahi, lalu pijat secara lembut dan merata. Pijatan teratur pada saat keramas ini juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah di kepala dan sekaligus menjadi relaksasi. Tunggu beberapa menit sampai sampo meresap ke kulit kepala lalu bilas sampai bersih. Ulangi sekali lagi untuk hasil yang lebih baik.

2. Bagi sahabat yang mengalami masalah kerusakan rambut, seperti rambut kering, kusam, rontok, berketombe, bercabang, dan lain-lain, sahabat dapat menambahkan ekstra perawatan seperti melakukan creambath, mengoleskan serum atau masker secara teratur sekali seminggu. Untuk perawatan dengan menggunakan hair tonik, sahabat dapat mengoleskannya setiap kali habis keramas. Jenis perawatan harus disesuaikan dengan masalah yang dialami, dan apa yang terpenting, adalah melakukannya secara teratur. Jika masalah rambut tergolong parah, sahabat sebaiknya berkonsultasi atau melakukan perawatan di salon muslimah.

3. Rambut yang sehat juga harus didukung dengan nutrisi. Oleh karenanya, sangat dianjurkan agar sahabat rutin mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, khususnya yang mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan rambut seperti kacang-kacangan, bayam, pisang, dan lain-lain.
4. Sisir rambut secara rutin dua kali sehari. Menyisir rambut selain berfungsi untuk kerapian juga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah di kepala. Jika sahabat mengalami masalah kerontokan rambut, gunakan sisir yang bergigi jarang dan sisir perlahan-lahan.

Pada artikel yang akan datang, kita akan membahas tips memilih bahan khimar atau penutup kepala yang aman bagi kesehatan rambut. So, stay tune ya….

Berlanjut ke Berhijab, Rambut Tetap Sehat #2

Penulis:
Riawani Elyta
Penulis nonfiksi Sayap-sayap Sakinah, Sayap-sayap Mawaddah dan 14 novel.
Saat ini juga aktif sebagai kontributor media online, mentor kelas menulis online dan admin di komunitas Be A Writer.
FB : Riawani Elyta
Twitter : @RiawaniElyta
Blog : www.riawanielyta.com
IG : riawani_elyta

2 thoughts on “Berhijab, Rambut Tetap Sehat #1

  1. Pingback: Berhijab, Rambut Tetap Sehat #2 | Sayap-Sayap Sakinah

  2. Pingback: Manfaat Berhijab Bagi Kesehatan | Sayap-Sayap Sakinah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>