anisramaifan

Anak-anak Kita, Bukan Milik Kita

anisramaifanDitengah beratnya menjalani hidup, rutinitas yang melelahkan serta tuntutan kebutuhan yang selalu harus dipenuhi. Membuat kita para orangtua terlupa tugas utama menjadi orangtua dan semakin mengabaikan makna dibalik konsep “Anak adalah Titipan Tuhan”. Ternyata memaknainya tidak cukup dengan hanya memberikan mereka fasilitas dan jaminan kehidupan yang layak namun mereka juga membutuhkan kehadiran kita secara lahir dan batin.

Coba kita bayangkan, seandainya kita dititipkan sesuatu yang berharga oleh atasan kita apalagi dengan janji mendapatkan imbalan sedemikian rupa setelah titipan itu akan diambil kembali oleh sang atasan. Tentu kita dipenuhi rasa takut dan kekhawatiran kepada atasan yang menitipkan sesuatu kepada kita, maka dengan sekuat tenaga kita akan merawat dan menjaga titipan itu dengan penuh tanggungjawab hingga pada saatnya nanti bukan hanya imbalan yang didapat tetapi juga kenaikan jabatan karena kita digolongkan bawahan yang jujur dan amanah salah satu sifat yang kini sudah sangat jarang.

Dan seseungguhnya kitapun sedang dititipkan sesuatu yang berharga dari Atasan kita, atasan dari segala atasan di permukaan dunia ini tetapi terkadang kita melalaikan dan mengabaikan tugas itu. Padahal jelas tanggungjawabnya dunia dan akhirat, namun sangat sedikit dan jarang sekali kita menyadari konsep anak-anak adalah milik Allah SWT dan diamanahkan langsung kepada kita. Pernahkah kita mengevaluasi kewenangan kita terhadap anak-anak, bagaimana seharusnya kita berbicara dan memperlakukan amanah Allah SWT yang sangat berharga itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>