anak-nonton-tv

Anak-anak dan Televisi

Pada masa sekarang ini televisi seolah menjadi barang yang wajib ada di setiap rumah, televisi terkadang menjadi alat yang di utamakan dan di pentingkan. Dari pagi sampai malam terkadang tidak pernah berhenti melibatkan televisi dalam kehidupan kita, televisi sangat memanjakan mata setiap orang yang melihatnya denganmenawarkan berbagai hiburan dan acarayang disajikan berbagai stasiun televisi dari film, sinetron, acara olahraga hingga berita artis idola. Akhirnya kita tidak sadar dan lupa waktu telah duduk berjam-jam untuk menontonnya.

anak-nonton-tv

sumber gambar dari sini

Kotak ajaib itu memang menyajikan berbagai hiburan dan menambah pengetahuan bagi pemirsanya, kita dapat mengetahui berbagai informasi dari belahan dunia serta informasi terbaru yang sedang hangat diperbicangkan.Sebagai orang tua, kita sudah sangat tahu dan mengerti tentang manfaat dan bahaya sebuah televisi terutama untuk anak-anak, dampak negatif yang ditimbulkan dari tanyangan TV selain anak-anak kehilangan waktu produktif, televisi juga menampilkan kekerasan, pornografi, budaya konsumerisme serta menjadikan televisi referensi idola sehingga anak-anak akan patuh dan menurut pada televisi.

Dari bahaya yang ditimbulkan oleh televisi ada sebagian orang tua yang benar-benar menghilangkan televisi dari kehidupan mereka dengan mencari alternatif sumber informasi dan hiburan lewat berbagai hal, namun ada juga para orang tua yang masih kesulitan menghilangkannya tentu dengan berbagai alasan. Berikut ini beberapa tips mengatasi televisi yang dikutip dari buku Creative Parenting Today karya Andi Yudha Asfandiyar, seorang pemerhati dan praktisi dunia anak:

  1. Batasi waktu menonton anak dan orang tua! Dengan begitu, anak akan mencontoh kedisiplinan orangtua dalam menonton.
  2. Buat kesepatakan dengan anak, acara apa saja yang boleh ditonton.
  3. Dampingi anak ketika menonton televisi, berikan komentar pada tayangan tersebut.
  4. Saat menonton sediakan mainan edukatif sepeti puzzle,lego dan buku-buku interaktif lainnya sehingga perhatian mereka teralihkan dan perlahan-lahan mereka akan melupakan televisi.
  5. Ajak anak jalan-jalan terutama pada hari libur, karena pada saat itulah orangtua sangat sulit menghindarkan anak dari nonton televisi seharian.
  6. Ajaklah anak membersihkan rumah bersama.Percaya atau tidak, kegiatan ini bisa menjadi acara yang mengasikan bagi anak.
  7. Ajaklah anak-anak bermain bersama. Anak selalu antusias jika diajak bermain, terutama oleh orang tuanya.

Ajak anak bersilaturahmi. Mengunjungi saudara, apalagi sebelum pergi, anak diberi tugas spesial memilihkan oleh-oleh untuk saudaranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>