5 Tips Agar Rumah Terasa Lapang

Room1

Room1

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kenyamanan penghuni rumah adalah memiliki ruang yang berukuran cukup luas. Namun jika Sahabat Sakinah memiliki rumah dengan kapasitas yang sempit, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk membuat ruang dalam rumah terasa luas dan lapang. Berikut diantaranya :

  1. Gunakan cat dinding berwarna terang

Warna-warna terang pada cat dinding seperti warna putih, krem dan warna pastel dapat memberi kesan ruang yang terasa lebih luas dan lapang. Jika ingin menggunakan kombinasi warna, gunakan warna bergradasi, misalnya warna krem dan coklat, hijau dan hijau muda dan lain-lain.

 

  1. Letakkan cermin besar

Cermin dapat memberi efek pantulan terhadap ruangan sehingga membuat ruang terasa luas. Gantungkan cermin berbentuk persegi panjang berukuran besar pada salah satu dinding. Cermin juga dapat sekaligus berfungsi untuk mempercantik ruanganjika dikombinasikan dengan perabotan lain dan penataan yang tepat.

 

  1. Pilih perabot minimalis, multifungsi dan efektif

Pilihan perabot sangat menentukan dalam penataan interior. Untuk rumah dengan kapasitas sempit, perabot berjenis minimalis dan multifungsi  adalah yang paling cocok karena dapat membuat ruang terasa lapang. Misalnya saja, set kursi tamu yang memiliki laci sehingga dapat digunakan untuk menyimpan koran dan majalah. Hindari menggunakan perabot yang berukuran besar dan memerlukan ruang besar. Daripada menggunakan meja berbentuk lingkaran misalnya, lebih baik menggunakan meja berbentuk persegi panjang atau oval untuk menghemat kapasitas. Buku-buku bisa disimpan dalam lemari tempel pada dinding atau lemari gantung yang lebih menghemat tempat daripada lemari buku biasa.

 

  1. Gunakan tirai berbahan tipis

Pilihlah tirai dari bahan tipis atau transparan sebagai pelapis. Contohnya dari jenis vitrase. Gunakan juga warna netral atau cerah. Tirai atau gorden dari bahan tebal dan berwarna solid akan menciptakan kesan ruang yang “berat” dan terasa sempit sehingga hanya cocok digunakan untuk rumah dengan ruang yang luas.

 

  1. Pilih hiasan rumah yang berukuran mungil dan praktis

Ada banyak cara untuk mengakali ruang sempit tetap terlihat apik. Diantaranya adalah dengan pemilihan interior hiasan yang tepat. Misalnya saja, penggunaan bunga plastik dan vas di sudut ruang dapat digantikan oleh bunga hiasan yang digantung di dinding. Fungsi lemari hias dapat digantikan oleh rak sudut. Hiasan seperti guci-guci antik dapat digantikan oleh hiasan dinding seperti piring-piring kuningan, kaligrafi atau lukisan. Sebaiknya menghindari pembatas ruangan yang permanen. Gunakan pembatas yang ringan seperti anyaman rotan atau tirai yang mudah dibuka saat diperlukan. Pilih juga warna perabot yang terang atau natural untuk memberi kesan luas.

 

Demikianlah diantara tips untuk menyiasati ruang di dalam rumah agar terkesan luas dan lapang. Namun jangan lupa, apa yang lebih penting untuk kita lakukan, adalah menjaga keharmonisan dan ketenteraman dalam keluarga agar kelapangan yang hakiki dapat kita rasakan.

 

 

Referensi:

IDEA Online

adinfocibubur.wordpress.com

 

Penulis, Riawani Elyta

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *